Wednesday, July 27, 2011

Urus Perpanjangan STNK Sendiri!

Gue lagi rada males ngelanjutin perjalanan liburan Singapura yang sebelumnya. Jadi gue nulis beginian aja dulu lah ya...

Hidup di keluarga yang sebelumnya sempat tidak lengkap, buat masing-masing anggota di dalamnya harus mampu ngurusin barang-barang pribadinya sendiri. Termasuk motor yang jadi hak milik gue sejak lima tahun lalu. Tunggangan sehari-hari gue Honda Supra 125D tahun 2008. Doi udah nemenin gue dari dulu sekolah sampe kuliah sekarang ini. Dari masih gres anyar sampe knalpot penyok, rem bengkok. Sudah turun drastis deh nilai jualnya, tapi nilai gunanya masih agak lumayan kayaknya.hehehe.

Jadi gue cerita sedikit ya tentang tata cara yang biasa gue lakuin kalau perpanjang STNK. 
Pertama, karena STNK motor itu atas nama mama, jadi setiap kali perpanjangan STNK pinjem KTP Mama sehari. Jadi nama yang di STNK harus sama dengan nama di KTP. Gue juga nyiapin Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), kalau punya motor gue warnanya biru. Dan satu lagi, barang yang mau diperpanjang izinnya! STNK asli. Dengan modal tiga barang itu gue pergi ke Samsat BSD. Kalau di deket tempat lo nggak ada Samsat, kayaknya bisa via mobil kelilingnya bikin SIM Polda, itu yang gue baca di website mereka.

Biasanya sebelum jam 10 gue udah nyamper Samsat. Langsung ke tukang fotokopi. Dengan ngasih tiga benda keramat itu abang fotokopiannya udah ngerti banget kalau mau perpanjang. Gue terima beres, yang nyusun urutan fotokopi tiga barang itu abangnya. Bayar sekitar tiga ribuan, udah termasuk map warna merah (kalau ngurus mobil warnanya kuning).

Udah lengkap semua difotokopi, langsung ke loket IIIa (itu kalau di Samsat BSD), loket BBN kendaraan roda 2 & 4 something gitu, nama lengkapnya gue lupa. Nyerahin map merah itu, dan tinggal tunggu deh. 90 menit adalah waktu maksimal perpanjangan STNK, itu janji di stand banner Polri. Tapi memang terbukti, nggak pernah sampe abis makan siang STNK baru gue udah jadi.
Kalau di Samsat BSD, STNK yang udah jadi biasanya dipanggil via TOA. Dipanggil nama yang tertera di STNK. Samperin loket yang manggil, lalu bayar sesuai total yang diminta. Dari loket itu lo bakal dapet satu lembar STNK yang ada bukti lunas pajak dan struk pembayaran. Sekarang lo harus nunggu lagi buat satu lembar STNKnya lagi, kan STNK ada dua lembar, bolak balik. Tunggu dipanggil lagi. Sampe akhirnya lo dipanggil, dikasih sisa satu lembarnya, KTP asli, dan BPKB asli. 
Apalagi? Udah kelar maaan...! Biasanya disediain plastik buat tempat bungkus STNK, itu gratis, ambil aja 1 mumpung gratis :D

0 comments:

Post a Comment