Monday, October 2, 2023

Ngomongin Petualangan Sherina 2. Kira-kira Apa Zodiak Sherina dan Sadam?

Hey! Gue baru aja selesai nonton Petualangan Sherina 2. Asli seru! Sepanjang film gue bisa menikmati dan jadi beneran nostalgia sama dua karakter di film ini. Fun fact, film pertama yang gue tonton di bioskop ya Petualangan Sherina 1. Di sekuel ini gue menikmati setiap scene-nya, dialog antar pemainnya, musiknya yang banyak berkembang, dan bisa ketawa di gimmick yang ada dari film sebelumnya. Tapi seperti kebiasaan gue kalau nonton, otak sambil analisa: Kira-kira apa zodiak Sherina dan Sadam?


Kebiasaan ini baru muncul di fase dewasa gue. Jadi gue nggak analisa sifat karakter-karakter di film pertama. Ya namanya juga masih anak-anak, dulu mah nonton aja ya... terhibur sama lagu-lagunya, ceritanya yang diculik, dan lain-lain. Tapi di sekuel ini gue rasa juga karakternya masing-masing tokoh mulai berkembang. Jadi mau coba gue bahas ya di postingan blog kali ini. Disclaimer dulu, gue bukan profesional soal perzodiakan. Hanya sekedar senang analisa karakter orang-orang di sekitar yang berinteraksi dengan gue. Eh jadi panjang nih ya intronya, hehe. 

Disclaimer (lagi), pembahasan ini mungkin mengandung spoiler film Petualangan Sherina 2 ya. Oke coba gue paparkan zodiak keduanya menurut gue ya... 

Zodiak Sherina di Petualangan Sherina 2

Sherina di sekuel ini kan udah dewasa. Pekerjaannya jurnalis media televisi yang pastinya sering ditugasin liputan. Awalnya bakal ditugasin ke Swiss, tapi tiba-tiba digeser liputan ke pedalaman Kalimatan untuk tangkap momen pelepasan induk Orang Utan dan anaknya ke alam liar. Nah, konflik mulai naik saat dalam proses ngelepasin ini Orang Utannya diculik untuk dijadikan hewan peliharaan sama oknum demi gengsi sosial.
sumber: Instagram @filmpetualangansherina

Sifat Sun in Leo. 

Kenapa gue bilang zodiaknya Sherina ini Leo? Analisa gue ini semakin mantep di setengah film ke belakang. Karena dari awal film gue lihat sifat-sifat Leo. Leo orangnya straight to point. Kalau ada yang mengganjal biasanya langsung speak up. Leo juga bisa kesel sama orang yang ubah rencana tiba-tiba. Misalnya kayaknya caranya dia konfrontasi (protes) ke atasan di TV karena yang awalnya ditugasin ke Swiss buat acara ekonomi, eh malah disuruh ke hutan di Kalimatan. Plus, menurut Sherina karena sosok penggantinya ke Swiss ini masih ada hubungannya sama tokoh pembesar. Pada dasarnya Leo suka mengikuti aturan, tapi kalo tiba-tiba kok rasanya ga fair

Termasuk saat konfrontasi ke Sadam buat tahu kenapa Sadam pergi setelah SMA. Hal ini yang bikin Sherina dan Sadam pisah, padahal dari kecil sampai remaja mereka selalu bareng dan satu sekolah (kalau nggak salah). 

Sifat Leo lainnya yang kentara banget adalah si-paling-leader alias maunya mimpin, ngatur, dan terkontrol. Kelihatan banget waktu ngadepin konflik anak Orang Utannya (Sayu) diculik, auto meledak semangatnya. Adanya Sadam yang 'megang' lokasi malah dikesampingkan. Jadi lebih banyak mimpin harus ambil action apa yang jadinya terlihat egois. Orientasinya "Pokoknya gue harus bantuin untuk nyelametin Orang Utan", ada tujuan yang mau dicapai. 

Leo suka sesuatu yang bikin penasaran. Kayak penasarannya Sherina sama dalang penculikan. Ini jadi tantangan untuk bisa hadir di party Pak Ferdy dan Ibu Ratih Syailendra buat ungkap semua misteri. Leo biasanya suka jadi problem solver.

Kalau soal percintannya sama Sadam, gue bisa bilang ini udah menyakut sisi emosional yang dipengaruhi moon sign. Walau ada gesture Leo yang ditunjukin Sherina kalau seorang Leo lagi naksir yaitu jujur apa adanya. Kejujuran Sherina yang berusaha menyakinkan Sadam waktu mereka disekap, kalau Sherina bener-bener udah nggak ada perasaan sama mantannya.

Sifat Moon in Aquarius.

Moon di zodiak itu kayak karakter yang cuma ditunjukin seseorang ke orang-orang terdekat atau sering kali malah karakter yang cuma disimpen sendiri. Kenapa gue bilang Sherina ini kayaknya moon in Aquarius?

Pertama sewaktu konfrontasi atasan karena digeser tempat liputan. Berbalut percaya dirinya Leo, sisi Aquarius keluar nih pas bilang dia jurnalis unggulan di statiun TV itu. 

Kedua karena ambisiusnya ngejar penculik Sayu dengan cara yang rebel. Aquarius itu cenderung rebel, independen yang semuanya gue bisa sendiri. Tipe-tipe kreatif di solusi. Tapi karena rebelnya ini, Aquarius sering nggak peka sama sekitar. Ibarat kata "I will do it my way, in my own phase". Tapi sering kali bikin orang lain ngomong, "Hah?! Kok gitu sih?" 

Aquarius independen. Cenderung kerja cepet, sat-set. Segalanya mau dikerjain sendiri kayak ngejar Sindai atau penculik sendirian. Kalau nggak ada Sadam yang coba meredam, gue yakin Sherina udah jalan sendiri. Aquarius juga suka analisa, observant kayak caranya ngeliatin artikel Sindai di papan dan pas ketemu Sindai langsung. Atau langsung kenalin luka di tangan Pingkan dari artikel berita pas balik Jakarta.

Sifat humanitarian Aquarius udah jelas lah ya, nggak terima banget kalau Sayu diculik. Padahal sebagai jurnalis yang bertamu ke Oukal dia bisa aja cuek sama peristiwa ini. Toh, sebenernya Orang Utan juga udah sukses dilepas kan.

Sisi emosional Aquarius dalam percintaan itu cenderung takut ditolak. Kelihatan banget waktu debat sama Sadam di kantor. Sadam yang ngajak istirahat, malah diajak adu pendapat. Kalah debat, diusir suruh pulang, jadi kicep kan Sherina. Ah sedih ... 

Aquarius is freedom lover? Jelas. Gue rasa itu alasan kenapa Sherina akhirnya kerja di bidang jurnalistik. Bebas belajar hal-hal baru dari setiap penugasan. 

Zodiak Sadam Ardiwilaga di Petualangan Sherina 2

Nah kalau Sadam ini gue masih agak-agak bias. Mungkin karena gue nggak terlalu memperhatikan sepanjang film. Main character-nya kan Sherina, hehe. Tapi gue coba simpulkan anak mami ini sun in Sagitarius atau Aquarius dan moon in Virgo atau Cancer.

sumber: Instagram @filmpetualangansherina

Sifat Sun in Sagitarius atau Aquarius. 

Di mana sifat Sagitariusnya Sadam? Di keputusannya untuk pergi keliling Indonesia (atau dunia, gue lupa) selama satu tahun setelah lulus sekolah. Zodiak ini memang petualang, jadi suka pergi ke sana ke mari biasanya. 

Terus sifat Aquariusnya? Sadam mau ngikutin Sherina waktu ngejar penculik pada awalnya. Tipe yang kayak oke gue ikutin dulu, sambil gue observasi nih caranya si Sherina ini bener nggak nih. Termasuk pengennya nyengin semua orang kayak ngikutin egonya Sherina. Rebelnya Aquarius nih nggak keluar banget, menurut karena Sadam sebagai project manager punya SOP penyelamatan yang harus diikutin kayak koordinasi sama tim dan pihak berwajib. Humanitariannya Aquarius udah kelihatan banget lah ya kenapa akhirnya cowok ini ngendon di hutan Kalimantan.

Sifat Moon in Virgo atau Cancer.

Sifat Virgo yang sistematis dan perfeksionis kelihatan di cara Sadam untuk menyelesaikan masalah penculikan. Selain karena tanggung jawabnya sebagai project manager, dia mau semuanya dilakukan sesuai prosedur agar...agar apa?? Yak, agar safe! Ngejar penculik bakal lebih aman dan tepat kalau diserahkan pada pihak berwajib yang memang tugasnya. 

Selain itu, sifat Virgo juga detail-oriented. Kelihatan di gesture Sadam bagiin masker ke Sherina dan Aryo sebelum ke kandangnya Sayu. Balik lagi, biar apaaaa...? Yak aman. Karena setelah gue tonton wawancara sama Ernest Prakasa di Hahaha TV, kalau mau interaksi sama orang utan itu harus pakai masker. Fauna ini ternyata sesensitif itu. Bahkan kalau hewan ini terdampak konflik, perlu tujuh tahun di rehabilitasi sampai akhirnya dilepas ke alam bebas.

Nah kalau sifat Cancer yang good memory alias inget hal-hal kecil kelihatan di camilan kesukaan Sherina dari kecil: donat. Terus, Cancer juga biasanya mendem perasaan, persis kayak Sadam yang dulu memilih pergi ninggalin Sherina karena sebenernya kesel sama sifat controling-nya Sherina. Emang rada-rada nih ya si Sadam. kalau konflik tuh diselesein Dam.. malah ghosting lu!

Ada lagi sifat Cancer yang gue ngeh di Sadam. Hubungan dia sama keluarganya. Cancer orangnya family oriented banget kan... Di scene terakhir tuh Sadam dengan bangga playback voice note ibunya ke Sherina. 


Udah ah capek nulis panjang.. Segitu aja dulu ya analisanya Sherina dan Sadam. Hehe..

Intinya, postingan blog ini cuma buat hiburan. Selamat bernostalgia di Petualangan Sherina 2!

0 comments:

Post a Comment