Sunday, August 14, 2011

TV's Enchantment

Awalnya mau ditempatin jadi kreatif OVJ, tapi ternyata penuh. Dilempar ke Hitam Putih, tapi udah keduluan orang. Mau ditempatin di Sasa, eh malah ditarik jadi kru World Record. 

Pertama ditanya, Pernah nonton World Record? Hmm pernah, yang rekor makan cabe itu kan? Yang lainnya? Hmm nggak pernah. *dang, mau magang tapi nggak ngikutin acaranya*

Magang berjalan dengan begitu adanya. Jam kerja bikin jetlag. Dimulai tengah siang, diakhiri tengah malam. 12 jam aja gituuu.... Unusual office hours. Gilingan cabe.
Kenapa magangnya pas puasa pula. Pergi siang, panas-panas, haus-haus di jalan. Sampai kantor sih enak-enak aja. Adem, duduk santai. Kalau mau liputan VT profilnya peserta pemecah rekor juga dianter naik mobil kantor yang berlogo. Asoy diliatin orang kalau berhenti di lampu merah. Hehehe. 
Kerjaan gue udah bikin list property, cari rekor yang mau dipecahin, cari peserta, cari witness yang mendampingin Deddy, ketemu Deddy *eh doi oke banget loh. Jago bela diri, Wuchun something gitu. Bisa die orang dicolok matanya sama doi*, mengaudisi peserta. Ada aja peserta yang ambisius pengen megang rekor, harus dapet satu rekor pokoknya, gitu kata dia. Giling lo mas.

Being part of Trans 7 adalah pengalaman sempurna. Ah lebay. Tapi emang seru sih. Kerja sama yang muda-muda. Umur masih nggak jauh. Panggilnya aja masih mbak sama mas. Diprogram gue ada 5 orang, mas David, mbak Ine, mas Eki, mas Yudha, ama mas Sule. Baiknya pada pol-polan. Friendly abis. Bener-bener diajarin bikin rundown yang bener, yang ada jenis sinar lampu, scoring. Kalau liputannya sih biasa aja. Sistemnya kalau campers itu rolling, jadi tiap liputan bisa beda-beda campresnya. Yang ngatur begituan itu UPM, Unit Production Management. Tugasnya mereka termasuk ngatur kapan soting studio, kapan uang hadiah buat pemenang pemecah rekor keluar, dana property program, fee buat bayar di Deddy Corbuzier ama Irgi. 

Enaknya lagi, kalau pulang dapet anteran. Bikin nama di slip anteran, tanda tangan produser, kasih ke car pool. Dijamin sampe rumah. Cuma bangsatnya karena rumah gue terjauh, jadi paling belakangan dianternya. Jam 2an sampe rumah. Nanggung mau sahur. Puasa bolong sekali. Emang nih puasa salah banget jatohnya di bulan pas gue magang.

So far so good. Banyak yang cakep *gebetan adalah satu buat seneng2an ngeliatin*, kerjaan udah mulai bisa ke handle, jam kerja yang bikin jetlag mulai berasa santai. Makin mau kerja di TV. Yang penting udah punya rekor baik di Trans 7, walau kerja digaji kecil, pengalaman lumayan.

Eh ada nih intermezo yang bikin agak "jleb" waktu awal-awal masuk. Itu Kadiv Produksi nanyain gue dari kampus mana. Gue jawab lah UMN yang punya kompas. Tiba-tiba doi bilang, oh ini nih yang bikin TV7 berantakan. Laaahh...salah apa coba. Ternyata Teddy si ketua yayasan itu loh yang bermasalah. Kayaknya doi yang bikin TV7 dijual ke Trans. Ternyata namanya UMN nggak bagus-bagus amat di dunia media, ya karena si Teddy itu.

0 comments:

Post a Comment