Tuesday, July 26, 2011

Sentosa Attractions!

WELCOME!
Sebenernya itinerary gue selama di Singapore penuh dengan kunjungan museum ini dan itu. Sengaja memang mau menikmati pengalaman masuk museum bagus dan terawat yang jarang banget ditemui di Indonesia kalau nggak dimiliki oleh swasta. Menurut itinerary, kunjungan museum pertama gue adalah Fort Siloso di Sentosa. Tapi berhubung waktu udah nggak keburu, dan penasaran sama kata mama yang dengan berapi-api bilang 'Kamu harus masuk Images of Singapore, itu bagus banget!!!' serta keputusan berada di tangan gue sebagai guide (hahaha!), Fort Siloso yang keren menurut foto-fotonya ini terpaksa di skip.

Imbiah Station, tempatnya atraksi top selain Universal Studio di Sentosa. Berhubung gue bawa anak kecil yang gedenya nanggung, Images of Singapore bisa lah dikunjungi. Syukur nih salah seorang sepupu gue umurnya belum 13, jadi doi cuma bayar 8 dolar sedangkan kami bertiga bayar 10 dolar. Lumayan 2 dolar buat nambahin makan cemilan (^.^v) Kali pertama masuk IoS, langsung disuruh duduk di teater mini mereka yang akan mulai 5 menit lagi. Foto-foto dulu lah ya...
Depannya sih biasa aja, dalemnya?beuh!
Empat foto di belakang gue itu bisa gerak loh!

Kelar nonton film yang nggak ada subtitlenya itu, mulai deh boleh jalan-jalan ke museumnya. Pertama kali langsung disambut dengan diorama lima orang berbeda ras yang duduk berjajar. Kalau tulisan di papan informasinya Raffles lagi tanda tangan berdirinya negara Singapore. Sesuai namanya, isi dari IoS ini diorama sejarah Singapore, gambaran tentang empat ras di Singapore: Cina, India, Arab, dan Melayu. Dari kegiatan sehari-hari empat ras itu sampe hari-hari besar mereka. Dan semuanya dalam diorama, bukan sekedar foto dua dimensi! Kalau mau dibandingkan, IoS ini hampir sama dengan Museum Bank Indonesia di Kota Tua, tiap pindah lokasi, musik yang kedengeran juga beda. Mendukung diorama yang ada.
Sumpah niat abis nih Singaporean ceritain sejarahnya negara mereka ke turis. IoS ini luas banget! Kalau diliat dari depannya, sih nggak ada apa-apanya, cuma rumah gaya kolonial dicat putih. Tapi di dalemnya lo bisa ngerasain sendiri sampe puas yang gue sebutin tadi. Bahkan gue rasa murah banget 10 dolar buat nikmatin kayak ginian. 
Itu bukan Shahrukh Khan apalagi Amitabachan

Mungkin debus itu dari India ya?
Chinese family's dining room

Jam 3 sore, udah rada nggak panas lah. Ngibrit ke konternya Skyline & Luge, niat bener karena di Indonesia nggak ada yang beginian. Di depan konter bilang mau beli buat empat orang, eh penjaga konternya baik bener, ngeliat kami yang dua dewasa dan dua anak nanggung, disaranin beli yang Family Package. Hoplaaa!!! paket ini menghemat 16 dolar dari budget yang seharusnya kami keluarin. Dari harga S$12.50/orang jadi cuma S$32 buat empat orang. Just luck! Kelar bayar tiket, ambil helm yang sesuai ukuran batok kepala, dan ngantri gantian naik bom-bom carnya. Nggak lama kok nunggunya. Pindahin tas ke depan badan, duduk di bom-bom car, dan meluncuuuurr...! Awalnya kagok-kagok gimana gitu nyetirnya, selanjutnya gampang. Ada dua jalur, forest dan yang biasa. Gue pilih yang biasa, karena emang salah belok padahal maunya ambil yang forest biar lebih panjang jalurnya (kalau menurut gambar). Sampe bawah udah banyak orang. Gue kira permainan kelar sampe di situ, ternyata rangkaian permainannya itu meluncur plus naik kereta gantung buat sampe ke titik awal meluncur tadi. Jadi yang main nggak harus muter jauh buat balik, cerdas! Nah buat yang mau nyoba mainan ini ada dua pilihan, mau naik bom-bom car luncurnya dulu atau naik kereta gantungnya dulu. Kalau mau luncurnya duluan, lo naik dari pos atas, tapi kalau mau kereta gantungnya dulu lo mulai dari pos yang bawah. Gue milih dari atas karena emang nggak tau kalau ada pos lain di bawah, kurang browsing info sih!



Kereta gantung, tinggi, parno

Kalau udah naik, dikasih cap :D

Pergi berombongan itu berarti harus rela berkorban untuk kebaikan bersama, hehehe. Sepupu udah pada kecapekan (padahal baru main dua atraksi yaaaa,ck!). Kasian, nggak sering jalan jauh. Yowes, istirahat dululah sambil yang BB user pada nge-charge. 
Please, jangan perhitungan konversiin duit SGD ke Rupiah kalau di Singapore, untuk beberapa pengeluaran mungkin agak bisa bikin nangis darah. Tapi kalau liat harga makanan dan minuman di sana dalam SGD itu murah sekali, harganya dari 1-7 dolar. Tergiur dengan nominal yang satuan gitu bikin gue ridho dunia akhirat cuma buat minum Starbucks. Abis murah sih!

Waktu yang serba nanggung. Menurut itinerary, langkah selanjutnya adalah main Go Green Segway. Tapi itu mainnya bayar lagi, rada agak nggak worth it dan di Indonesia ada. Jadi mainan ini dicoret dari list. Akhirnya, cuma liat pemandangan sekitar Starbucks, lumayan ngiliatin Hard Rock Hotel dari balik pohon. Ngadem, sambil nunggu para BB user yang nggak kelar-kelar nge-chargenya.
Matgay di Singapore adalah hal yang nggak banget! Tanya sama pusat informasi Sentosa yang di nggak jauh dari Starbucks apaan lagi yang gratis, doi jawab Singapore Nature Discovery, tapi udah mepet jam mereka mau tutup. Tetep nggak mau rugi, gue mencari kepastian ke informasi kalau naik semua bus di Sentosa itu gratisan. Dan bener emang gratisan, hahaha. Sebelumnya gue beli tiket Song of The Sea dulu. Agak di luar target, pertunjukan yang pertama udah sold out. Terpaksa beli yang jam 20.40 Saran gue kalau lo pada mau nonton yang jam 19.40 beli tiketnya dari pagi atau siang pas lo pertama nyampe di Sentosa. Tiketnya dijual di semua pusat informasi kok, ternyata, tau gitu beli dari siang! Hal yang di luar antisipasi gini buat jadi makin harus buang waktu di Sentosa dan batal nonton Crane Dance yang keren karena waktunya bersamaan dengan SoTS. Ada baiknya kalau udah di Sentosa gini lo pegang peta Sentosa yang dijejerin di pusat informasi, kalau lo jago tulisan Mandarin boleh dah tuh ambil yang bukan huruf latin. Tapi kalau alif ba tsa aja belum khatam mending ambil yang bahasa Inggris/Melayu. 
Ada 4 jalur bus & tram di Sentosa yang dibedain dengan warna: Merah, Ungu, Kuning, dan Biru. Informasi lengkapnya ada di dalem peta Sentosa. Dari ujung ke ujung nikmatin naik bus dan tram keliling Sentosa, dari pantai sampe hutan. Duduk anteng, tapi bisa liat macem-macem walau sekilas.

45 menit sebelum Song of The Sea kedua mulai. Gue langsung capcus ke lokasi SoTS, dan jeglek! Udah kayak uler piton aja yang ngantri. Mengingat taun lalu tempat duduk SoTS emang nggak pernah ada nomernya, wajib ngantri secepatnya. Capek nunggunya, didukung dengan visual bejibun orang yang ngantri kayak mau cium Hajar Aswad. Akhirnya gerbang dibuka dan ini deh beberapa jepretannya 




Malam pertama gue (kesannyaaaa..berasa baru kawin) berakhir di sini. Tepat di tempat gue pernah menikmati sajian ini bersama .... ah masa lalu. kampret! Hahahaha...

Udah jam 10 malem, gue takut sepupu umur nanggung yang pergi bareng ini nggak boleh berkeliaran di Singapura (eh ada nggak ya peraturannya?), so kami putuskan kembali ke hostel karena besok mau main sepuasnya di Universal Studio!

0 comments:

Post a Comment