Saturday, January 25, 2014

The Croods, A Colourful Animation Film

Tahun 2013 menurut gue adalah tahunnya film animasi karena ada banyak banget yang gue tonton di tahun itu! Coba ada berapa yang gue tonton? 

Gue urutin dari yang paling membekas ya. Peringkat satu pastinya Despicable Me 2 ya, lalu Frozen, Cloudy with a chance of Meatball 2, Turbo, Planes, dan Monsters University. Tapi urutan itu berubah sekarang.



The Croods. Film ini muncul tahun 2013 tapi baru sempat gue tonton malam ini. Ternyata, film-ini-keren-sekali!!! Dari alur ceritanya, gambar-gambarnya (hmm, kalau di kartun ada sinematografi juga nggak sih?), pesan moralnya, dan yang menambah keren adalah soundtrack-nya.

Kalau cerita soal alur The Croods sekarang udah nggak spoiler kan? Hehe.

Jadi, film ini cerita tentang keluarga pada jaman purba yang konservatif, antipati dan selalu khawatir sama hal baru, tapi jago berburu. Mereka The Croods. Anggota keluarganya ada bapak, ibu, tiga anak, dan seorang nenek.

Salah satu anak The Croods namanya Eep (waktu gue denger, gue kira namanya “Ape” ternyata...Eep. Ndeso juga, haha) yang selalu penasaran sama hal baru. Yah namanya juga anak puber ya. Dari keponya Eep malah buat dia ketemu dengan Guy, manusia antah berantah yang mengubah hidup keluarga ini.

Guy & Eep
Keluarga ini jadi tidak antipati lagi, “menggunakan otaknya”, dan percaya sama orang lain. Perubahan membawa The Croods tidak lagi tinggal di gua, tapi mereka harus menempuh perjalanan menuju matahari.
Gue pikir, film ini kalau diasosiasikan mirip “Mengejar Matahari” (tentu dengan genre yang berbeda).

Awalnya gue hanya melihat warna coklat dari tanah dan batu, tapi seiring perjalanan mereka gue lihat banyak sekali warna. Ingatan seperti kembali menonton film burung Rio. Warna-warni di sini membuat film ini indah.

Di perjalanan menuju matahari itu juga banyak pesan moral. Ada beberapa yang gue suka, contohnya kayak...

Live, don't hide. Follow the sun.” – Saat Guy mengajarkan The Croods untuk berani kenal hal baru.

atau kuot yang menyentuh dari hubungan ayah dan anak...
Croods & Eep
She's like you. She loves you, but always forgets to say it. Just like you forget to tell her. – Kata Guy pada Croods mengenai hubungannya dengan Eep yang tidak rukun.

Tapi gue suka semangat Croods saat dia melihat hal baru justru harus dipelajari...

May be nothing there. No there, is too risky. / No that’s a chance. – Dialog antara istri Croods dan Croods.

Sebuah film jadi bagus karena soundtrack yang bagus juga, IMO. Gue sebelumnya sudah download duluan karena suka. Setelah nonton filmnya malah lebih suka lagi film ini secara utuh. Bukan cuma “Shine Your Way”nya Owl City dan Yuna itu.


For your information (info nggak penting) aja sih, film ini gue tempatkan setelah Frozen. Film ini sungguh indah!

2 comments: