Saturday, July 23, 2011

Jadi Turis Beneran di Singapura

Akhirnya ada kesempatan lagi main ke Singapore, hahaha. Kesempatan yang lebih “wow” pula, maksudnya nggak jalan-jalan lagi sebagai traveler budget alias backpacker. Emang ada untungnya cerita-cerita ke saudara tentang pengalaman backpacker tahun lalu, malah disuruh jadi guide buat keponakan-keponakan kecil. Dan dibayarin all in pula hehehe.
Oke gue akan cerita pengalaman gue empat hari di Singapura yang dalam keadaan non-backpacker :) 

Browsing tiket yang emang lagi nggak sale itu nangis loh waktu bayarnya. Dulu backpackeran bisa dapet 200rb PP, perjalanan terakhir melonjak jadi lima kali lipatnya. Dapet tiket Airasia sekitar 1,2 juta perorang, akhirnya kami berempat berangkat ke Sing. Gue, adek gue (17), dan dua orang sepupu (13 & 12). Bayar airport tax ke luar negeri Rp150.000 di counter check-in. Karena nggak koordinasi barang bawaan sama sepupu, jadi kita terpaksa buka bagasi, bayar lagi 175rb-an buat berempat. Selesai check-in, isi form imigrasi, antri imigrasi, langsung masuk kabin pesawat. Capcus 06.30 WIB.
 Untung dibeliin :D
PR waktu di pesawat, ngisi beginian
ada yang bahasa Indonesia loh!

Penting banget, turis wajib punya!
Perjalanan Jakarta-Singapore sekitar 1 jam 45 menit. Kerjaan di atas pesawat ngisi form imigrasi masuk Singapura. Form ini harus disimpen sampe pulang, karena waktu keluar dari Singapura ini bakal diambil lagi sama petugasnya. Gue sendiri sempet goblok, naroh kartunya di bagasi. Walhasil harus sedikit berurusan dengan imigrasi. Untungnya hanya disuruh ngisi ulang form kok :)

Keluar dari imigrasi kedatangan Changi Airport, langsung nyamperin booth peta Singapore. Gue ambil yang  isinya lengkap dengan jalur MRT, gambaran umum Sentosa, dan yang pasti menggunakan huruf latin. Karena ada yang pake huruf Cina, PR lagi kalau harus terjemahin setiap kata di peta kan! Dilanjutkan dengan nge-set waktu, ditambahin satu jam. Ambil bagasi, ambil peta Changi yang dalam bahasa Indonesia, jalan ke Skytrain terminal 1 buat naik yang menghubungkan Changi dengan MRT Station Tanah Merah di terminal 2.
Emang negara singa ini udah di setting buat pariwisata, semua sign, booth informasi, brosur-brosur gampang banget ditemuin dan hemat waktu buat tanya orang. Gampang ditemuin kalau jeli liat sekeliling. Kalau nggak sadar baca sign kemungkinan bisa nyasar sendiri.

Abis ini gue lanjut di part 2 ya. Biar keren kayak Harry Potter ada ber-part part!Bleh.

0 comments:

Post a Comment