Sunday, July 7, 2013

Tarif Progresif + Jadwal Commuter Line Relasi Rawa Buntu - Tanah Abang

Akhirnya! Harga tiket Commuter Line (CL) murah juga. Harganya turun jauh, ini setelah ditunda selama sebulan dengan alasan mau menyosialisasikan penggunaan e-ticketing ke penumpang kereta api. Kepotong banyak banget, lebih dari setengah harga semula. Yang jelas, perubahan ini sungguh membawa perubahan berarti untuk gue secara pribadi yang pengguna kereta api dan masih digaji seharga kelas pekerja cere' di kantor. 

Kalau sebelumnya, harga tiket CL itu Rp8000 dengan sistem tarif flat alias semua stasiun harganya sama. Mulai Juli 2013, PT. Kereta api Commuter Jakarta (PT. KCJ) menetapkan tarif progresif yang artinya dihitung perjarak tempuh penggunanya. Sekarang, tarif naik kereta api berpendingin gerbong (maksudnya pakai AC) jadi Rp2000 per lima stasiun dan harus tambah Rp500 aja untuk tiga stasiun berikutnya. 

Maaaan... PT. KCJ baik banget! Tapi apa nggak rugi ya?


Ini semakin murah dari sebelumnya, jika jadi ditetapkan pada Juni 2013, harga per lima stasiun itu Rp3000 dan Rp1000 untuk tiga stasiun setelahnya. Terjadi penurunan karena ternyata dibantu subsidi pemerintah yang disebut Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp1000 dan Rp500 sejak Juli 2013. Jadi, dari Rawa Buntu - Sudimara - Jurang Mangu - Pondok Ranji - Palmerah *vice versa, gue hanya bayar Rp 2000 saja, mehehe... jadi pekerja dengan biaya mahasiswa. Sades!!!

Anyway, gue pribadi sebetulnya enggak pernah protes sampai murka karena akhirnya KRL Ekonomi yang gerbong putih dihapuskan. Karena nggak terlalu terasa pengaruhnya di gue. Syukur masih kebeli tiket CL yang Rp8.000 sebelumnya itu.

Dan dengan adanya ini gue malah jadi ridho banget kereta ekonomi itu hilang. Ya lo pikir aja, dengan nambah Rp500 lagi dari harga tiket KRL Ekonomi, lo dapet kereta yang lebih adem dan lebih cepat. Asli gue pernah bandingin naik ekonomi dan CL. CL itu jarak tempuh dari Rawa Buntu ke Palmerah itu sekitar 30 menit, sedangkan ekonomi 40 menit. Artinya, murah sih naik Ekonomi, tapi takes more time!!

Anyway (lagi), ini foto-foto jadwal CL yang berlaku sejak pertengahan Mei kemarin. Ini jadwal CL dari Rawa Buntu ke Tanah Abang dan sebaliknya, aja lho ya. Kalau relasi lain atau waktu berangkat dari Maja/Serpong itu gimana, lo cari sendiri. Wek! :P
Terbaru, update 9 Oktober 2013
Hei itu gue warnain memang sengaja. As always, gue selalu senang bikin penanda berbeda. Jadi untuk kolom kiri, warna biru muda itu untuk kereta yang berasal dari Parung Panjang. Which is, gue jadi bisa prediksi, setibanya kereta itu di Rawa Buntu kemungkinan sudah penuh dan gue tidak akan dapat tempat duduk. Berlaku juga untuk warna peach dari Maja. Mungkin makin lebih sesak lagi keretanya.

Sementara untuk kolom yang kanan, itu hanya penanda kereta yang ditumpangi itu stasiun berhentinya paling akhir di mana. Seperti untuk penumpang yang mau ke Maja, berarti lo harus naik CL paling lambat jam 19.32 WIB, karena setelah itu kereta terakhir hanya berhenti di Parung dan Serpong. 

0 comments:

Post a Comment