Wednesday, December 5, 2012

Teamwork

"Teamwork-nya, teamwork-nya manaaaa...??" *suara orang teriak, abis itu batuk-batuk* iklan banget yes...hehe.



Sudah empat hari ini gue ngedeprok di Balai Kota (Balkot) lantai 2. Lebih tepatnya ngikutin Wagub Ahok yang kalau kata agenda di beritajakarta.com jam segini akan begini, jam sekian akan demikian, jam segitu akan begitu...toh implementasinya suka ketuker-tuker. Tapi sebagian besar tamu yang datang sesuai dengan agenda, tapi ya itu jadwalnya 'menyesuaikan'.


Dari sisi Ahoknya udah gue bahaskan di posting sebelum ini? Nah sekarang gue mau cerita gimana serunya wartawan Balai Kota khususnya yang ngikutin Ahok ini bekerja.

Dateng rata-rata jam 7an, kadang ada juga yang dateng jam 9an tapi biasanya yang dateng siang itu tipi. Dari  sekian banyak tipi, yang ngikutin dengan setia pada Ahok itu ya cuma MetroTV, kayaknya. Nah sesampainya di Balkot, baca situasi lalu nyocokin sama agenda di beritajakarta.com. Liat-liat siapa yang dateng, sukur-sukur bisa wawancara sama tamunya Ahok. Dari situ biasalah, nyapa-nyapa berusaha akrab sama tamunya Ahok hehehe.

"Halo Pak, Halo Bu, abis ketemu Ahok ya? Boleh tau bahas apaan?" sambil nyengir adalah cara ampun buat ngorek kegiatan Ahok seharian. Karena Ahok nih, kebagian tugas yang nggak keluar kantor. Jadi doi bisa aja seharian di ruangannya, tapi tamu yang dateng silih berganti. Dari yang muda, setengah tua, tua banget, sampe... udah sampe tua banget aja. Setelahnya tua banget kan 'bau tanah', ntar horor, males gue.

Wawancara ada tekniknya juga. Kalau dari awal pembicaraan dirasa speed dan gaya bicaranya narsum pelan dan jelas, mending langsung tulis di notepad (oh iya! Notepad BB sangat amat membantu bikin tulisan). Tapi kalo cepet dan rada cadel, kayak papi Ahok tuh, dan Ahok kondisinya adalah orang yang penting untuk diketahui publik, so kalo Ahok mendingan pake rekaman di Blackberry.

Gue sangat merasakan kerjasama wartawan-wartawan. Habis wawancara, bikin transkrip biar bisa bikin quote persis. Abis itu di'pantul' ke mana-mana, ke siapa aja yang mau. 'Pantul' itu artinya disebarkan. Nggak perlu khawatir beritanya sama, dari satu narasumber bisa banget diambil berbagai hal. Tentunya kalau narasumber itu emang loyal mau jawab pertanyaan wartawan-wartawan yang ngerubunginnya.

Mungkin jaman sekarang susah nemuin media yang ngangkat pemberitaan beda sama sekali dengan media massa lain. Lha wong di Balai Kota aja nih ya, di Ahok doang nih, ada kali 20 orang kalo lagi rame. Kalo di tempat Jokowi lebih ekstrim lagi, may be more than 35 people. Ngumpul semua tuh segala macam media. Gilingan. 
Dari selama lima hari di Ahok, gue membandingkan suasana kerja ngeliput Ahok dengan ngeliput Jokowi. Di Ahok lebi solid, lebih welcome, dan lebih apa ya...seru deh seru. Seriusan. Tapi ini pendapat gue doang ya... gue liat yang ngikutin Jokowi itu pada kerja ngelompok-ngelompok. Kayak tivi kumpul sama jurnalis tivi, online dempet sama online, cetak dan radio kayaknya gitu juga. 
Jadi intinya gue bersyukur ditempatkan mengikuti Ahok, di mana jurnalisnya pinter-pinter, enak diajak bercanda, walau suka dibikin nggak santai sama yang punya rumah, papi Ahok. Menurut ngana aja, Ahok jalannya tergesa dan lebih demen naik turun tangga kalau mau rapat di luar kantornya. Itu akses tangga idealnya dilewatin 2 orang, malah dipepet 20 orang. Gilingan.

Nyuplik dari google. Kayaknya ini tepat.

0 comments:

Post a Comment