Thursday, December 27, 2012

Jajal Jajan Jalanan (negeri) Jiran

Buah Berangan?
Berangan-angan??!

Malaysia. Akhirnya dapet kesempatan jalan ke sana. Sekitar dua hari tiga malam, belum puas karena nggak semua tempat deket dan mudah disinggahi. Kayak dari Kuala Lumpur ke Melaka itu harus naik bus dua jam perjalanan.

Mumpung berhasil dapet satu negara lagi yang bisa disinggahi, gue sempetin nyari street snack. Gue tidak berhasil menemukan euforia orang nyicip jajanan Malaysia di internet, maka gue putuskan gue bilang Chestnut adalah jajanan yang nggak gue temukan di Indonesia tapi ada di Malaysia. Gue sebenernya ngeh ada cemilan ini karena adek gue. Dia nunjukin tong dari seng isi kayak batuan mirip areng diputer-puter pakai mesin. Persis kayak usaha pertama tokoh di film The Billionare.



Mungkin di Malaysia sendiri jumlah yang jualan nggak banyak ya. Karena banyakan juga mereka yang jualan cemilan yang kurang lebih sama kayak di Indonesia. Ya kayak susu kacang kedelai gitu-gitu. Eh tapi di sana nggak ada tukang gorengan atau cireng isi kayak di sini deng! Baru inget gue...
Yang beli di Genting

Kalau Singapore punya cemilan jalanan namanya eskrim uncle seharga satu dolar-an, Malaysia gue anggap punya kacang yang namanya Chestnut. “Chest” dan “Nut” kalau dari Nut-nya udah tau bangetlah ya kalau ini sejenis kacang. Walau...bentuknya kayak jengkol. Asli dah. Kulitnya keras, kalau mau ngupas bisa sih pake tangan atau digigit, tapi lebih mudah lagi kalau pake pemecah kacang atau cangkang kepiting. Permukaan kulitnya itu agak lengket, gue sih merasa di dalem adukannya itu ada gula atau madu gitu deh, pokoknya kalau lo kupas kulit pakai gigi, berasa manisnya.

Setelah berhasil kekupas yang akan lo dapatkan adalah butiran empuk sebesar baso halus yang rasanya manis, teksturnya kayak makan ubi kayu rebus. Nggak ada bijinya di dalem, jadi bisa langsung kunyah-telen.

Mengenai harga, tergantung lokasi. Gue pertama kali jajal itu di daerah wisata Genting Highland, itu harga sebungkusnya 7 ringgit untuk 250 gram-an. Tapi kalau di jalanan luar tempat wisata bisa empat sampai lima ringgit untuk jumlah yang sama. 
Penampakannya gini

0 comments:

Post a Comment