Sunday, December 26, 2010

Horizontal-Vertikal-Horizontal-Vertikal

Gue baca status seorang teman di FB, yang akhirnya gue remove. Persisnya gue lupa, tapi jelas ingetan gue ini gak akan mengurangi maksudnya. He said, "Kafirlah orang yang memberikan ucapan selamat Natal bagi mereka yang kafir, termasuk orang Kristen." kurang lebih begitu.

Jadi salah gue ngucapin serangkaian ucapan selamat Natal ke teman-teman gue dan keluarga gue yang kebetulan juga merayakan? Jadi gue termasuk yang hina, yang kafir, yang calon terdepak dari surga selamanya?Wow.

C'mon...Agama itu udah terpecah-pecah, tuh buktinya jadi banyak agama. Di Indonesia aja ada 5. Padahal yang dimaksud ya itu-itu juga, yang kalo kata orang beriman "yang memberi hidup". Udahlah, jangan jadiin itu alasan penyebab pertikaian yang nantinya akan memecah belah agama menjadi lebih banyak. Toh hubungan horizontal ini bagian penyelaras dari hubungan vertikal lo. Kalo nggak ada horizontal, nggak akan ada isitilah vertikal sebagai pembanding.

0 comments:

Post a Comment