Friday, June 18, 2010

Junction goes down

Kondisinya tadi gue lagi jalan di BSD Junction. Baru aja balik dari temenin sodara gue pada main PUMP, itu lho mainan yang dance-dance gitu tapi bedanya ini injekkannya serong. Jenis-jenis game susah gitu deh.Hehehe. Nyusahin buat yang nggak suka game itu.

Jadi gue kepikiran, kenapa mall yang dulu tampak begitu luar biasa kini malah seperti bangunan tak bertuan? Masih inget banget deh gue, dulu kalo keluarga gue ada yang ulang tahun pasti makan ke Junction, makan di Yuraku. Itu loh, resto all you can eat masakan Jepang. Ssst.. gue kasih bocoran ya, kudapan kripik bayamnya enak dan cumi-cumi bakarnya enak pol. Porsinya gede-gede deh! Puas kalo makan di situ apa lagi kalo dibayarin.hehehe :P

Dulu tuh ya, lantai 1 dari Junction itu penuh diisi oleh makanan. Dari Platinum sampe Baskin Robin. Pokoknya isinya makanan semua deh. Aje gile dah!!! Nah lantai duanya dulu diisi dengan toko-toko macam ITC gitu. Berasa bangga banget sama Junction yang punya jembatan nggantung, sama kayak konektor PIM 1 dan 2. Nah, kemudian pertanyaan muncul, kenapa sekarang Junction begitu suram? Lantai 1 udah pada tutup. Dan sekarang malah beralih fungsi jadi supermarket bahan bangunan. Melenceng jauh bener dah. Dari dulu yang konsepnya tempat makan jadi supermarket bangunan. Kebayangkan gimana anehnya tuh supermarket bangunan? Yaiyalah aneh, konstruksi untuk tempat makan kok malah jadi , supermarketnya bangunan lagi. ckckck..
Kabar toko-toko di lantai duanya gimana tuh? Ya sama, pada tutup. Pokoknya itu mall kayak kota mati deh. Semua yang pada buka toko udah pada cabut nggak tau kemana.

Nah yang gue pikirkan apa yang salah dari Junction ini. Kalau dari selentingan kabar, Junction yang letaknya di tengah jalan ini bawanya hoki yang jelek. Karena arus uangnya masuk dan keluar gitu aja. Nah gue iyain aja deh sama yg ngitung Fengshui-fengshuian gitu,hehe. Tetapi gue pikir-pikir lagi, konsep dari Junction inilah yang salah. Konsep mall yang nanggung. Dia mau dibikin jadi tempat makan semua, tapi dilantai dua dan tiga masih jualan kayak ITC, kalo menurut gue nggak sinkron aja.
Kalo ide gue, harusnya dibikin tempat makan semua. Di buat melingkar aja gitu, jadi tempat jalan pengungjungnya muter. nah kalo mau lebih seru, tengah-tengahnya nggak usah pake atep, jadi bisa makan dengan hawa terbuka. Menghemat listrik dan mengurangi Global Warming juga kan?hehehe. Mau lebih seru? Bikin Sky Dining, jangan bikin parkiran mulu. Lo tau nggak, dengan lo membuat parkiran baik mobil atau motor, lo sama aja menyumbang polutan bagi bumi ini. Orang jadi pada pake mobil karena mereka tau di sana pasti ada parkiran, jadi nggak masalah bawa mobil, toh pasti bisa diparkir di suatu tempat.
Kembali ke Junction, nah iya itu dia. Dibuat aja sekalian outdoor, jadi makan tetep ada di lantai yang beratapkan lantai tapi tengah-tengahnya bolong. Jadi kalo ujan ttp nggak ngaruh, kan makannya di dalem lingkaran. Atau apa kek gitu ya, di tengahnya dibikin kolam gitu biar sejuk dikit ni mata.

Doa gue, ya semoga para kontraktor peduli dengan keinginan masyarakat yang ingin back to nature. Sekarang bukan jamannya lagi mall to mall, mbok ya bikin konsep baru ttg mall, jangan niru mulu. Bravo Indonesia!

0 comments:

Post a Comment