Friday, June 11, 2010

Ceritanya Curhat

How you doing blog? Still waiting for me to update and update again?

Jadi gini ya blog, ceritanya gue mau curhat nih. Cerita seputar kehebohan tugas akhir semester gue di semester empat ini. Dari 10 matakuliah yang dibebankan kepada gue, tiga diantaranya berupa praktek. Sebutannya itu TAKE HOME TEST. Jadi, ujiannya dalam bentuk liputan dan paper gaul. Dikumpulin pas waktunya ujian.
Kebayang gimana kepepetnya waktu, kita jadi kalang kabut? Dalam waktu 14 hari udah harus jadi konsep, pinjem kamera HDV atau handycam (yang terbatas), siapa talentnya, dimana lokasi syutingnya, bikin surat ijin tugas lapangan dan bla bla bla... Masih untung buangetttt yang liputan-liputan kali ini dikerjainnya kelompok. Nggak tau masih hidup apa nggak deh kalo tugasnya jadi individu. *Sigh*
Nah yang sering banget jadi masalah kalo ada tugas liputan lapangan gini adalah faktor perijinan dan peminjaman alat!! Kadang surat tugas aja nggak cukup untuk meyakinkan pihak yang punya lokasi kalo rekaman kita itu tidak akan dipublikasikan! Lah emang cuma buat tugas kampus sih...ye!! Nggak beda sama birokrasi yang ribet, minjem alat di kampus sama ribetnya! Pertama harus tanya dulu sama AsLab, kamera ada yang kosong atau nggak. Et dah emang kali dasar kampus pelit kali yaa... Udah tau kan ya, mahasiswa yang butuh kamera itu nggak Ilkom doang, ada DKV juga suka minjem, mbok ya ditambah lagi gituuuu kameranya..

Udah ni kan... *ceritanya udah selesai liputan*
Nah ketemu lagi babak baru. Editing. Mau ngedit dari kaset mini DV harus ada yang namanya proses CAPTURE.
Apa itu capture? Capture adalah proses ngubah dari format pita kaset menjadi digital, supaya bisa liputannya diedit, ditambahin narasi, ditambahin lagu..
Nah yang ngenesnya dari proses ini adalah CAPTURE CUMA BISA DI KOMPUTER MACINTHOS atau di MACBOOKPRO. Kenapa? Karena harus pake kabel khusus yang memang cuma kompatibel sama MAC. Nah ini kabel yang menjadi hidup dan matinya pengguna kamera kampus.
Kalo windows? Bisa juga kok. Tapi kampus nggak punya kabel HDMI untuk windows tuh. Jadilah gue kalang kabut, cari pinjeman Mac buat capture. Mana MacBook Pro nggak banyak yang punya lagi.DUH! Gue sebenernya udah niat bener beli kabel HDMI, gue estimasikan harganya tidak lebih dari 70ribu, dan memang setelah gue cek ke toko sebelah, harganya malah cuma 50ribu. Tapiiiii...ada tapinya nih. Kedua ujungnya sama-sama HDMI, jadi nggak bisa masuk ke handycam atau slot DC IN HDV. Ugh!
Masih ada cara lain sih..*Apaan tuuu..?* Dengan membeli konektor HDMI dengan slot DC IN. Cuma "gantengnya" harga konektor itu 300ribu aja...Jeder!!! berasa dapet kuaci runtuh di siang bolong. Daaaaann...tambah gantengnya lagi, barangnya jarang ada. Ngek!

Jadi hidup gue sebagai mahasiswa Jurnal gimanaaaaaaa....? Betapa nikmatnya bisa capture di laptop Dell gue, tanpa harus merepotkan orang lain.HIKS!

Teman, kalo ada yang tau dimana beli kabel HDMI yang ujung buat handycam(istilahnya: 5 pin), please kasih tau sayaaaaa...
Gue masih ada dua semester lagi yang akan berkutat dengan liput liliput! ENJOY!!!

0 comments:

Post a Comment