Thursday, April 1, 2010

Bobrok!

Saya tidak berhak marah, karena marah untuk hal itu bukan kapasitas saya.

Saya, kami sedang mengadakan pameran fotografi. Salah satu hajatan besar dari rangkaian unit kegiatan mahasiswa Fotografi yang saya tekuni. Saya anggap ini kali pertama kami menggarapnya secara besar-besaran. Serangkaian acara disusun. Tidak terbatas pada eksibisi foto saja, tapi juga pemutaran film dan musik akustikan di lobby kampus.

Diam (tidak) berarti emas. Sejak awal telah dibentuk kepanitiaan. Semua jelas terbagi-bagi. Semua punya tugas, semua punya tanggung jawab. Tidak ada yang bertanya tentang tugas masing-masing seksi. Berarti semua mengerti. Dan seharusnya semua mengerti. Jika tidak silakan bertanya (dari awal).

Inisiatif berubah jadi ini tugas siapa. H-1, bangun papan eksibisi. Oke lah, tidak banyak yang bisa hadir mengulur keringat karena itu hari minggu. Saya paham. Kegiatan keagamaan tidak bisa jadi nomer dua kan? :)
Hari pertama. Namanya juga hari pertama, beberapa hal masih tampak jauh dari sempurna. Masih ada kurang ini dan itu. Apakah ada yang berbulat tekad untuk menjadikan pameran ini sempurna?
Hari kedua. Surut. Manusia-manusia yang kemarin "setor muka", hari ini mungkin masih "narik muka". Tapi mulai berdatangan ketika workshop dimulai.
Hari ketiga. Makin sedikit yang setor muka. Semua seakan lupa kalau masing-masing punya tanggung jawab. Yang turun tangan, lagi-lagi harus kami, angakatan satu dan dua. Benci sekali jadinya. Tidak ada kerjasama. Kalau besok masih begini, sebaiknya kami buat AD/ART yang jelas untuk UKM ini.

Saya seperti ditampar. Sang ketua acara langsung turun tangan dalam kegiatan perizian dan perlengkapan. Tidak ada inisiatif. Semua harus dikomunikasikan secara verbal dulu, baru bergerak.

Ayolah teman, ini pameran bersama. Tugas lo bukan cuma setor foto! Urus juga dong foto lo, kelangsungan pameran dari foto-foto kita. Mana rasa kebersamaannya? Katanya together we learn. Kenapa kita tidak bersama-sama belajar mendukung satu sama lain?

0 comments:

Post a Comment