Monday, May 11, 2020

Brainstorming KV = Solving a Jigsaw Puzzle

Brainstorming is like solving a jigsaw puzzle. Kira-kira ini analogi gue buat kerjaan gue yang lagi menyenangkan banget. 

Brainstorming jigsaw puzzle


Nggak ngira deh gue bakal bilang kerjaan gue ini menyenangkan, hehehe. Tapi memang lagi semenyenangkan itu! Karena di pekan lalu tim gue lagi ngerjain sebuah pitching brand yang akan ngeluarin produk baru dan brand ini pengen dibuatin key visual-nya alias KV. 

Kenapa akhirnya gue bisa bilang asyik? Karena diskusi alias brainstroming-nya semenarik itu!!!

Ada istilahnya bikin route atau mungkin bisa diartikan kayak macem-macem arah komunikasi buat KVnya. Sejauh ini yang gue pelajari ya ada emotional dan functional. Emotional itu mengomunikasikan produk tanpa pakai kata-kata yang menjual keunggulan produknya. Sementara functional ya sebaliknya, langsung bilang produk ini hebatnya A atau B atau C. Dua komunikasi ini bisa dijabarin lagi jadi big idea

Menemukan route yang tepat ini kayak permainan puzzle. Crack semua kemungkinan ide yang bisa jadi arah komunikasi, terus dijabarin satu-satu. Kayak lagi nyelesein puzzle 3600 pieces yang gambarnya kayak The Starry Night - Van Gogh. 

Lukisan ini kan didominasi warna biru, banyak tapi bergradasi. Sama kayak brainstorming, vibe komunikasinya bisa bergradasi juga. Pada akhirnya biar masing-masing ide terjalin dan berhasil menggambarkan arah komunikasi yang lengkap. Walau harus dibongkar pasang. Mix and match terus sampai gambarnya utuh alias komunikasinya sampai di target audience. Jadi pas orang ngeliat iklannya itu langsung paham, "Oh ada produk ini yang bisa bikin gue begini atau ternyata isinya tuh begini!". Gitu kira-kira dah!

Do something great motivation


Jadi menurut gue kerja di agency itu cocok buat lo yang suka main puzzle, hidden objects, atau ya catur gitu deh. Atau bisa juga buat lo yang suka cerita detektif. Analisa asyik sambil diskusi. Ngebuka wawasan baru. 

Ya semoga aja pitching-an ini berhasil menang yaaa...! Dan semoga juga good vibes kayak gini terus bisa gue rasain, bukan di masa-masa 'honeymoon' alias tiga bulan pertama kenalan sama kerjaan ini :) 

Semangat terus tim!


0 comments:

Post a Comment