Sunday, July 7, 2013

On The - On The Bendungan Hilir

Onde-onde Benhil
Sejak kecil cemilan Onde-onde memang nggak jauh dari kehidupan gue pribadi. Bukan..bukan nggak jauh karena keluarga gue sebagai cukong distribusi onde-onde, tapi kalau tiap arisan di kompleks, mama emang suka bawain bungkusan. Isinya, kalau enggak bolu-boluan, ya ada onde-onde. 

Sebenernya gue nggak terlalu suka onde-onde. Nggak terlalu suka, sesuka gue ngemil bolu kukus atau ketan hitam. Alasannya, kadang, ada onde-onde yang kulitnya bulet kaya bola golf, tapi isi kacang hijaunya dikit plus suka 'ambyar' gitu jadi remah-remah, kulitnya juga berminyak sekali. Jadi keburu males makannya. 




Ukuran perbandingannya
segini deh
Nah ini gue jadi kenal satu cemilan onde-onde yang menurut gue 'enak pakai banget'! Jadi awalnya dari nongkrong bareng jurnalis media online tetangga... yaudah sebut aja sebut... mbak Salmah anak Detikcom dan mbak Alicia anak Republika. Iseng aja tuh abis liputan di Polda, pada makan di seberangnya. Eng... nggak terlalu seberang juga sih, tapi agak-agak ke Benhil-Bendungan Hilir. 

Nunggu mie goreng yang masih diracik sama penjualnya, gue yang udah keburu laper lihat ada pemandangan menarik yang bisa buat cemal-cemil-cantik di samping gerobak nasgor. Penampakan itu ternyata adalah tumpukan piscok alias pisang coklat. Dengan penuh semangat mengganjal perut, mbak Salmah nyamperin penjualnya... dan beli onde-onde campur piscok. 

Kesan pertama, ya gitu deh. Malu-malu ngicip cantik, tapi ujung-unjungnya malah nambah beli lagi. Terutama Onde-ondenya yang seukuran lebar satu ruas jari. Mungil emang, tapi 'endang bambang bin nendang' coy! Buat gue ukurannya pas, sekali hap. Wijennya juga banyak, jadi seneng gitu makannya walau hanya gigit-gigit wijen. Kacang hijaunya juga legit, manisnya pas. 

Harganya menurut gue tergolong murah. Untuk Rp5000 boleh dapet 7 buah piscok. Nah, kalau untuk onde-ondenya itu dapet sekitar 15 biji. Oh ya, jam buka lapaknya dari abis magrib ya. Ya kira-kira jam yang samaan dengan penjual makanan kaki lima di Benhil.

Satu lagi yang penting untuk diinget bro, kalau lo ke sini mending langsung beli dibungkus abis itu lo makan pas nunggu makan gede lo. Karena gue baru aja ke sana lagi, sambil nunggu makanan, gue nyamperin abangnya yang masih ngelapisin buletan kacang hijau dengan tepung putih campur wijen. Karena belum ada yang siap beli, jadinya gue tinggal makan dulu. Eh pas kelar makan gue balik lagi, lah udah abis aja kloter pertama onde-onde yang digoreng. Ya terpaksa nunggu lagi 5 menit untuk kloter ke dua digoreng.

Kata abangnya, "Abis nggak bilang pesen sih, jadi nggak dibungkusin!" 
OK BANG, NOTED!!!

Pokoknya cari gerobak ini.
Posisinya menghadap jalam masuk Pasar Benhil.

Kira-kira petanya begini

Keterangan gambar: Yang atas jelas kan ya, itu Jalan Jendaral Sudirman. Yang ke kiri itu ke Bundaran HI, yang kanan berarti kan Senayan. Masuk aja ke Jalan Bendungan Hilir. Ya sekitar 50 meter dari muka jalan itu, ada banyak gerobak makanan yang baru buka malam. Adanya di sebelah kiri kalau masuk dari Jalan Sudirman. Pokoknya, itu gerobak nggak kelihatan dari jalan Bendungan Hilir. Patokannya lihat pintu masuk kendaraan Pasar Bendungan Hilir.

0 comments:

Post a Comment