Tuesday, February 28, 2012

Story Teller

Apa ya istilahnya buat orang yang bisa sharing cerita tentang yang terjadi pada dirinya?

Setiap hari gue makin yakin bahwa I am not a good story teller. Banyak-banyak ngumpul sama orang, denger cerita mereka, gue lebih senang berada di sisi pendengar. Dengerin lawan bicara ceritain apa aja tentang yang mereka mau ceritain.


Tentu aja gue juga milih-milih jadi pendengar. Nggak semua topik mau dan siap gue dengerin. Gue suka bahas tentang agama, memperdebatkan tentang agama gue, mungkin juga ke agama lawan bicara gue. Gue suka ngomongin "orang". Arah pembicaraannya biasa di mulai dari pengalaman pribadi gue atau lawan bicara. Lalu gue akan lebih semangat kalau ngobrol kenapa orang bisa punya sifat atau bersikap terhadap sesuatu demikian. Males kalau ngomongin orang yang lebih ke arah gosip. 
Gue suka ngomongin gadget, tempat makan yang enak, zodiak, ramalan-ramalan Jayabaya, Nostradomus, atau ramalan siapa lah itu.

Sadar banget gue bukan pencerita yang baik. Gue nggak bisa menceritakan kembali cerita yang gue denger, untuk orang lain dengan runut! Itu masalahnya. Entahlah IQ gue berapa, tapi kalau harus cerita dengan runut, gue keblingsatan sendiri mengatur alur dan nada cerita gue. Ini cerita lho ya, bukan informasi singkat yang penting. 
Kekurangan gue lagi itu bahwa gue nggak bisa berekspresi saat cerita. Adek gue suka cerita ke gue, tentang sekolahnya, temen-temennya, anak murid balletnya dari cerita sedih sampai cerita yang lucu. Asli cerita lucu adek gue bisa bikin gue ngakak. Itu dia, adek gue bisa banget menceritakan apa yang terjadi dengan dirinya. Dan gue bukan tipe seperti itu. Ditambah lagi, adek gue bisa cerita dengan intonasi nada yang pas dengan ceritanya (kalau sedih ya intonasi sedih, tempo santai. Kalau cerita lucu, biasa dia awali dengan "Eh lo tau nggak mbak..." dan berakhir dengan gue yang ketawa ngakak). Bisaan banget deh dia! Dia bisa teatrikal sebegitunya! Jadi ya gitu, adek gue suka banget cerita ke gue, sedangkan gue vice versa.

0 comments:

Post a Comment