Tuesday, December 22, 2009

Is it a God sign?

Semalam saya mimpi. Entah mimpi buruk atau baik. Saya mimpi ibu saya yang sudah satu-satunya ini meninggal dunia. Dimulai dengan tiba-tiba (mana ada mimpi yang bisa dipilih mulai dari mana) mama udah di dalem peti, dibungkus sama kain putih. Saya sempat ngintip sebelum peti itu ditutup, untuk memastikan itu mama. Pas banget tubuh di dalam itu miring menghadap ke saya. Senyum. Dan itu benar ibu saya. Peti ditutup, saya elus permukaan kayu peti. Kenapa ukurannya kecil? Ada seseorang yang familiar, kakek saya yang hampir dua tahun lalu pergi. Kenapa jadi dia yang ada, dan ibu saya yang pergi?
Saya terbangun. Mengingat-ingat kembali mimpi tadi. Mencoba menarik kesimpulan kenapa saya mimpi seperti itu. Oh iya, mama (agak) curhat semalem. Cerita tentang tanah yang akan dijual untuk sekolah kami, saya dan adik saya. Jawaban dari kekurangan dana keluarga kecil kami. Mumpung ada yang nawar lumayan besar, dan siapa lagi yang mau ke Aceh kalo makam papa udah ada di sini? Begitu kira-kira kata mama.
Jam masih pukul setengah tujuh. Saya tau mama belum berangkat ke sekolah. Memang belum, ternyata mama masih mandi. Saya tunggu. Beliau keluar. Saya peluk. Beliau tersenyum.

”Makasih ya, semua orang udah pada ngucapin.”

Saya bingung. Mama kan gak ulang tahun.

”Hari ibu.”


Dalam hati saya, “Oh iya ya. Aku malah gak inget sama sekali.”

”Aku mimpi mama meninggal.”

”Hahaha, yaudah ah. itu artinya kebalikkan. Mama panjang umur. Doain aja.” Sambil pake make up tipis, biar keliatan lebih segar.

Saya Cuma ngeliatin beliau dari pantulan kaca rias. Oh ini ibu saya, the real single fighter in our family. Mata saya tidak lepas dari beliau hingga mobilnya melaju meninggalkan rumah.
Tuhan, lindungi dia dalam keadaan apapun. Terimakasih sudah mengirimkan sebuah mimpi remainder.

2 comments:

  1. so sweet..
    iya katanya kalo mimpiin meninggal bakalan panjang umur..
    berjuang ya om,jgn bikin repot mama mu

    ReplyDelete
  2. sip hotpop! :))

    btw, gimana cara follow blog lo ya? katro berat nih saya.hahaha

    ReplyDelete