Sunday, October 2, 2011

Internship is Over, Dude!

Magangnya sudah kelar!!! Sudah tidak lagi pergi siang-pulang pagi. Tidak lagi ketemu orang-orang yang gila coba ini itu, terobsesi memegang rekor dunia. Ada nih namanya Mahpuzin Subarkah. Orangnya cengangas-cengenges, nyengir mulu, nanya mulu. Tiap audisi di kantor pasti dateng. Update banget kalau liat info dibukanya audisi program gue. Semangatnya sih tinggi, tiap rekor yang diaudisi pasti dicoba sama doi. Dari rekor cetek-cetek sampe rekor yang memang-sepatutnya-dipecahkan-oleh-orang-yang-punya-keahlian-di-bidangnya. Contoh: rekor tendangan. Yang paling bisa dan sering melatih tendangan kan karateka atau orang yang mendalami martial art kick, nah si Mahpuzin alias pemilik akun twitter 'kaga_02' ini ikutan nyoba walau sama sekali nggak punya dasar bela diri. Hasilnya selalu gagal dan gagal. Tapi tetep semangat aja tuh doi. Heran. 
Dan dari sebagian besar orang yang pernah ikut audisi, pasti dateng lagi lagi dan lagi. Dan hasilnya kadang berhasil, kadang kurang beruntung. *Yang paling kurang beruntung kayaknya si Mahpuzin itu deh* Seneng-seneng aja sih ketemu orang banyak. Tapi ketemu orang yang sama itu-itu lagi bosen juga jadinya. Gue heran, kenapa pada demen dateng audisi lagi. Mereka semacam kayak KETAGIHAN!!! Antara ketagihan memecahkan rekor atau masuk tipi atau malah ketagihan main ke Trans7. O_o?!

Sebenernya gue agak bosan dengan kerjaan gue. Tiap hari browsing rekor dunia, rapat (hampir) tengah malem, bikin rundown, dan di akhir masa magang bikin script. Untung beberapa kali syuting VT profil peserta/talent program. Tapi itu jarang bangeeeet.. Bisa diitung dengan jari deh berapa kali gue keluar kantor. Sisanya pekerjaan luar kantor adalah syuting program. 2 kali sebulan. Studionya di PPS, Jl. Raya Pegangsaan 2 nomor 138, Kelapa Gading. Studionya cukup kecil, ya ngepas lah sama kebutuhan programnya.
Sebenernya gue emang salah departemen program. Awalnya gue pikir departemen program news itu hanya berfokus pada news daily, jadi reporter. Karena emang nggak mau jadi wartawan yang bahas masalah hukum atau negata gitu. Dan ternyata program feature macam si Bolang, Jejak Petualang itu masuknya ke News. Yaaaa...hikmahnya dapet ilmu bagaimana kerja di dept. Produksi. Nanti kalau melamar lagi ke Trans7, mungkin gue akan memilih news saja.

Sempat ada masalah sedikit dari pekerjaan gue. Tapi ini jadi pembelajaran buat gue juga. Pernah sekali waktu gue dimaki-maki sama Camera Persons (campers) karena salah berbahasa di sms. Karena sesuai sms dari PA, campers disuruh ambil alat. Lah gue iya aja, wong di kampus juga biasanya kameramen ambil alat sendiri ke lt.5. Dan manalah gue tahu kalau campers kerjaannya hanya periksa alat dan tukang ambil gambar aja di lokasi. Jadi ketika gue suruh dia ambil peralatan di tempat penyimpanan alat alias storecam, dia marah-marah. Karena ternyata sistem kerjanya adalah setidaknya satu orang dari tim program (entah Produser atau Creative atau Produser assistant) yang ambil barang ke store cam lalu diserahkan ke campers buat diperiksa alatnya berfungsi apa enggak, baru deh jalan syuting. Nyusahin emang sih campers satu ini. Sejak pertama kali syuting bareng, nggak ada ramah-ramahnya. Kampret!


Temen-temen di kantor semuanya pasti lebih tua lah ya. Anggota tim program gue itu ada mas David, mbak Inne, mas Yudha, mas Sule, dan mas Eki. Mas David-Creative adalah orang yang paling sabar dan ngerti banget sama program ini. Kayaknya ini program jiwanya mas David banget deh! Mbak Inne itu cekatan tapi jadi terlihat pemalas karena konon ceritanya ada masalah dengan sistem kerja di tim yang diterapkan oleh mas Eki-produser. Mas Yudha-PA, bercandaan mulu orangnya. Senyum, ketawa ketiwi, santai. Secara masih muda juga kayaknya. Temen kalingkongnya mas Yudha, mas Sule. Mas Sule ini kalem, serius, dan ngemong orangnya. Ah pasti bakal kangen mereka sekaliii :D

Jadwal kerja gue sebenernya fleksibel. Tidak ada waktu dateng tepat atau pulang tepat, dan tidak ada waktu makan tepat. Semuanya bisa berjalan sangat lambat atau malah sangat sangat sangat cepat! Dateng bisa jam 12 siang-kadang bisa pulang jam 10, kadang jam 12, kadang jam 1 malam. Jam makan malem bisa berubah-rubah juga. Bisa makan jam 7, bisa jam 9 atau jam 10. Pokoknya bebas dan sesempetnya aja. Tapi mostly, selama dua bulan gue di Trans7 dateng jam 12an, pulang jam 12an juga. Jadi waktu dalam hidup sehari itu adanya di kantor. Kesannya cinta bener sama kantor, tapi emang beneran sih gue jatuh cinta sama kantor. Suasananya damai, kekeluargaan, santai. Buat tidur juga nyaman kok kantor itu :)

Gue sudah memberikan yang terbaik yang gue mampu dalam magang ini. Karena juga berdasar pada minat gue lebih ke broadcast dari pada cetak harian, radio, atau internet. So far gue nyaman dan siap kembali ke Trans7, cuma masih mikir-mikir lagi mau kost aja atau bolak-balik, mau beli mobil aja atau jual motor. Yaa..fokusnya sekarang ke skripsi dulu deh. Ini aja selama magang skripsi mandeg deg deg deg!! Cayooo...

0 comments:

Post a Comment